Jenis-jenis Wayang di Era Modern




Nah diartikel kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis wayang kulit di era modern ....
kesenian wayang kulit ini bisa dikatakan sudah punah karna wayang kulit sekarang peminatnya hanya sedikit bahkan sekarang kalau saya tau malah yang nonton hanya orang tua saja ..
nih langsung aja saya kasih tau jenis jenis wayang kulit di era modern versi saya sendiri :-) ..



1. Wayang Purwa
Wayang purwa atau wayang kulit purwa. Kata purwa (pertama) dipakai untuk membedakan wayang jenis ini dengan wayang kulit yang lainnya. Banyak jenis wayang kulit mulai dari wayang wahyuwayang sadatwayang gedhogwayang kancilwayang pancasila dan sebagainya. Purwa berarti awal, wayang purwa diperkirakan mempunyai umur yang paling tua di antara wayang kulit lainnya. Kemungkinan mengenai berita adanya wayang kulit purwa dapat dilihat dari adanya prasasti di ababd 11 pada zaman pemerintahan Erlangga 



2. Wayang orang 




Wayang orang disebut juga dengan istilah wayang wong (bahasa Jawa) adalah wayang yang dimainkan dengan menggunakan orang sebagai tokoh dalam cerita wayang tersebut

nah hanya itu aja gan yang saya tau tentang wayang modern mungkin ada usulan silahkan komen nanti pasti saya buat artikel artikel lebih banyak lagi ,, thanks !!!!!!
Jenis-jenis Wayang di Era Modern Jenis-jenis Wayang di Era Modern Reviewed by Unknown on 23.30 Rating: 5

Tidak ada komentar